Bisnis laundry yang ideal sebaiknya menerapkan sistem IT dalam operasional sehari-hari, dalam hal ini menggunakan software khusus untuk usaha laundry. Salah satu hambatan penerapan sistem IT dalam usaha laundry biasanya terjadi pada laundry yang awalnya menggunakan sistem manual. Proses migrasi, yakni perpindahan dari sistem manual ke sistem komputerisasi yang ‘ribet’ kadang menunda penerapan sistem komputerisasi.

Berikut ini adalah tips untuk migrasi dari sistem manual ke komputerisasi

1 . Persiapkan karyawan yang paham tentang Komputer

Jika owner laundry tidak sempat memonitor jalannya proses migrasi, maka sebaiknya menyiapkan karyawan yang paham tentang komputer. Karyawan ini juga berfungsi sebagai trainer untuk karyawan lain dalam pengoperasian software laundry. Sehingga karyawan ini dituntut untuk menguasai dan memahami kinerja software laundry.

2. Jalankan dua sistem secara bersamaan (Manual dan Komputerisasi)

Pada tahap awal, sistem manual dan komputerisasi sebaiknya dijalankan bersama-sama. Karena pada masa ini masih diperlukan pembiasaan dan pembelajaran terhadap software laundry yang digunakan. Sehingga apabila terjadi salah input data transaksi, akan dibackup oleh sistem manual . Jadi misalkan penerimaan transaksi laundry, maka pelanggan tetap diberikan nota manual dan nota hasil software laundry.

Sangatlah wajar apabila pada awal migrasi ini operasional pada usaha laundry Anda terkesan lebih ‘ribet’. Tapi jika tahap ini berhasil dilalui maka sistem komputerisasi dengan berbagai macam manfaatnya akan dapat Anda rasakan. Masih ragu-ragu untuk menerapkan sistem IT (software laundry) pada usaha laundry Anda.

Artikel pendukung : Manfaat Sistem IT Pada Bisnis Laundry

1. Persiapkan karyawan yang paham tentang Komputer

Jika owner laundry tidak sempat memonitor jalannya proses migrasi, maka sebaiknya menyiapkan karyawan yang paham tentang komputer. Karyawan ini juga berfungsi sebagai trainer untuk karyawan lain dalam pengoperasian software laundry.

2. Jalankan dua sistem secara bersamaan (Manual dan Komputerisasi)

Pada tahap awal, sistem manual dan komputerisasi sebaiknya dijalankan bersama-sama. Karena pada masa ini masih diperlukan pembiasaan dan pembelajaran terhadap software laundry yang digunakan. Sehingga apabila terjadi salah input data transaksi, akan dibackup oleh sistem manual .

Leave a Reply